Selasa, 18 Juni 2013

MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF

MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF
OLEH: WAHYUNINGSIH RAHAYU
Model pembelajaran induktif merupakan model pembelajaran yang melatih siswa belajar bagaimana berpikir secara induktif, yaitu membantu siswa untuk berkonsentrasi pada suatu ranah yang dapat mereka kuasai, tanpa menciutkan hati mereka yang menghasilkan gagasan, membantu siswa mengembangkan pemahaman konseptual tentang ranah tertentu, mengkonversi pemahaman konseptual menjadi keterampilan.
Model berpikir induktif meyakini bahwa siswa sebagai peserta didik merupakan konseptor ilmiah. Setiap saat seseorang selalu berusaha untuk melakukan suatu konseptualisasi dalam hal apapun, proses berpikir induktif diperlukan Model berpikir induktif mempunyai beberapa karakteristik utama antara lain; Fokus membantu peserta didik untuk berkonsentrasi pada satu ranah/kemampuan berpikir (bidang penelitian) yang dapat mereka kuasai, tanpa mengecilkan keinginan dalam hati mereka yang jelas membuatnya tidak bisa menggunakan seluruh kemampuan untuk menghasilkan suatu gagasan yang luar biasa. Hal utama yang perlu dilakukan adalah menyajikan seperangkat data yang menyediakan informasi terhadap suatu cakupan mata pelajaran tertentu dengan meminta peserta didik mempelajari sifat-sifat objek dalam perangkat yang disajikan tersebut.
Dengan fokus terhadap suatu kajian tertentu yang familiar di telinga dan mata peserta didik hal ini diharapkan dapat mendukung dan mencapai proses pembelajaran yang optimal sebagaimana tujuan yang akan dicapai pada standar isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar).
Pengawasan/kontrol konseptual, ini membantu siswa mengembangkan kemampuan konseptual terhadap satu ranah/bidang kajian tertentu.

Dalam hal proses membangun pemahaman secara konseptual pada proses klasifikasi secara abstrak, peserta didik tanpa disadari tentunya akan melakukan suatu aktifitas yang melibatkan unsur motorik dan tentunya kognitif mereka. Melalui proses kategorisasi dan pengelompokan ini, peserta didik akan menggunakan tangannya untuk menulis dan memikirkan jenis pengelompokan yang digunakan untuk membedakan mana yang termasuk kegiatan produksi, kegiatan distribusi, dan mana yang termasuk kegiatan konsumsi. Model berpikir induktif dapat membantu peserta didik untuk mengumpulkan informasi dan mengujinya secara ilmiah (dengan tahap perkembangan usia dan berpikir peserta didik) dengan teliti, mengolah informasi ke dalam konsep-konsep, dan belajar memanipulasi konsep-konsep tersebut.
Misalnya dalam pembelajaran Bahasa Indontesia kelas VI semester 2,
Standar Kompetensi: Menulis (Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk teks fungsional dialog pendek sangat sederhana)
Kompetensi Dasar : Menyusun teks fungsional (dialog, kalimat langsung, kalimat tak langsung) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca.

I. SKENARIO
Seorang guru akan mengajarkan materi tentang “kalimat langsung” dan “kalimat tak langsung” di kelas enam. Materi ini termasuk dalam aspek menulis kalimat teks fungsional pendek sangat sederhana. Sebelum kegiatan pembelajaran, guru menyiapkan bahan bacaan yang memuat contoh-contoh kalimat langsung dan kalimat tak langsung.
Guru di dalam kelas membagikan bahan bacaan yang telah disiapkannya kepada siswa-siswa. Kemudian guru menjelaskan kegiatan akan dilakukan siswa. Siswa membaca materi secara individual. Setelah siswa membaca, maka guru meminta siswa untuk mengelompokkan yang termasuk kalimat langsung dan kalimat tak langsung. Siswa satu persatu menuliskan di papan tulis yang termasuk kalimat langsung dari bahan bacaan yang dibacanya. Kegiatan dilanjutkan dengan mengelompokkan kalimat langsung yang benar, dan kalimat langsung yang salah yang terlah ditulis siswa di papan tulis.
Setelah itu, kalimat-kalimat yang salah dihapus. Di papan tulis tinggal beberapa kalimat yang merupakan kalimat langsung yang benar. Kalimat-kalimat yang salah, dimasukkan dalam kolom yang lain. Siswa diminta untuk mengamati contoh-contoh kalimat yang tertulis di papan tulis. Siswa diminta mengamati kalimat-kalimat yang ada di papan tulis yang benar yang termasuk katagori kalimat langsung. Siswa membuat contoh-contoh kalimat langsung lain yang belum ditulis di papan tulis. Siswa membuat contoh kalimat langsung dengan kata-katanya sendiri.
Contoh kalimat yang disusun siswa dianalisis bersama antara guru dan murid. Siswa dan guru bertanya jawab, cirri-ciri kalimat langsung dan kalimat tak langsung berdasarkan contoh-contoh yang ada di papan tulis. Siswa menyebutkan tanda baca yang perlu di tulis dalam kalimat langsung. Menyebutkan cara menuliskan huruf capital dalam kalimat langsung. Setelah itu siswa dan guru menyimpulkan cirri-ciri yang termasuk katagori kalimat langsung dan kalimat tak langsung. Siswa menulis kesimpulan pengertian kalimat langsung dan tak langsung. Kemudian siswa mengerjakan tugas membuat contoh-contoh kalimat langsung dan tak langsung di buku tugas masing-masing secara individu.

II. URAIAN KOMPONEN
A. SINTAKS
Tahap-tahap model induktif meliputi:
1. Mengidentifikasi dan menghitung data yang relevan dengan topik atau masalah.
Langkah ini dapat dilakukan dengan cara menyajikan topik dalam pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang hendak diajarkan. Misalnya: bacaan tentang masalah tentang kalimat langsung dan kalimat tak langsung.
2. Mengelompokkan objek-objek ini menjadi kategori-kategori yang anggotanya memiliki sifat umum.
Kegiatan ini mengelompokkan materi sesuai dengan masalah yang dibahas. Kegiatan mengelompokkan materi dalam bacaan yang termasuk kalimat langsung dan kalimat tak langsung. Kegiatan ini mendorong siswa untuk memahami klasifikasi yang termasuk kalimat langsung maupun kalimat tak langsung.
3. Menafsirkan data dan mengembangkan label untuk kategori-kategori tadi sehingga data tersebut bisa dimanipulasi secara simbolis.
Materi-materi yang telah diklasifikasikan sesuai dengan cirri-cirinya tersebut, kemudian dipahami secara teoritis tentang kategori-kategori dari materi tersebut. Misalnya kategori kalimat langsung memiliki cirri-ciri baik dari segi penulisan, tanda baca, maupun ejaan yang tidak sama dengan cara penulisan kalimat tak langsung.
4. Mengubah kategori-katagori menjadi keterampilan atau hipotesis-hipotesis.
Berdasarkan kategori materi yang telah di dapat dari beberapa contoh yang umum sampai yang spesifik tersebut, siswa dapat menentukan ikhwal materi menjadi suatu keterampilan atau konsep siswa tentang kalimat langsung dan kalimat tak langsung. Siswa dapat menentukan sendiri kalimat-kalimat langsung maupun tidak langsung sesuai dengan klasifikasi materi-materi terebut. Termasuk pula siswa dapat mengubah dari kalimat lanngsung menjadi kalimat tak langsung.
Tip-tip mengajar induktif menurut Bruce Joyce (2011: 112) antara lain:
1. Praktik, praktik, dan praktik.
2. Amati dan kaji bagaimana siswa berpikir.
3. Cobalah untuk terus membantu siswa belajar bagaimana cara belajar.
4. Proses induktif membawa anak-anak untuk mengksplorasi suatu bidang materi sebagai suatu komunitas pembelajar yang berlatih untuk menguasahi bidang tersebut.
5. Kecuali berkonsentrasi pada elemen-elemen fonetik dan kosa kata yang baru dipelajari, kata-kata seharusnya disajikan dalam kalimat-kalimat yang menyediakan isyarat konteks dan jenis aktivitas dekat yang dibawa untuk diyakinkan bahwa ada makna / arti yang dibangun.
6. Gunakan model ini dalam bidang-bidang kurikulum.
7. Pastikan seperangkat data memiliki sajian ciri atau sifat, baik untuk pembentukan konsep maupun pencapaian konsep.
8. Berhati-hatilah anda saat mengajarkan kalimat lengkap atau tak lengkap. Ajaril;ah subjek dan predikat terlebih dahulu.
9. Membedakan antarafakta dan pendapat mungkin cocok untuk eksplorasi singkat.
10. Dalam ilmu sains, cobalah fokus pada benda-benda di mana siswa dapat mengumpulkan data mentah.
11. Siswa dapat membuat atau mendapat katagori-katagori yang berciri ganda
12. Dalam mengajarkan konsep-konsep seperti adverb, adjektif, frasa, klausa, harus diingat bahwa di setiap konsep itu terdapat banyak sub katagori.
13. Berilah penekanan ulasan untuk serangkaian data yang tergolong rumit.
14. Mempelajari ciri-ciri sesuatu, seperti karakter dalam cerita, dapat menjadi inisiatif masalah yang menarik.
15. Kembali pada karakteristik-karakteristik
16. Pertimbangkanlah jika ingin menyajikan objek dengan tatanan yang cukup rumit pada awal pengajaran.


B. SISTEM SOSIAL
Atmosfir kelas bersifat kooperative. Saat guru dianggap sebagai inisiator tahap-tahap pengajaran dan penentu rangkaian aktivitas pembelajaran maka dia harus bertanggung jawab melakukan control pada siswa dengan cara kooperative. Pembelajaran dilakukan secara kelompok, sehingga pemahaman siswa dapat diperoleh dengan saling membantu antara anak yang satu dengan lainnya. Siswa dapat melakukan kerja sama dalam menyusun kategori materi sesuai dengan ciri-ciri umum sehingga diperoleh cirri yang khsusus untuk dikembangkan menjadi l;ebih luas dalam pengalaman siswa sampai siswa dapat menguasahi konsep baru suatu materi.

C. PERAN GURU
Guru berperan sebagai fasilitator, motivator, pembimbing, moderator, serta sebagai organisator terhadap kegiatan siswa untuk belajar secara induktif sampai konsep benar-benar dikuasai siswa.
Hilda Taba memberikan pedoman pada guru dalam memberikan tanggapan dan respon di setiap tahap pengajaran, antara lain:
1. Guru harus yakin bahwa tugas-tugas kognitif tersebut muncul dengan instruksi yang optimal dan juga pada saat yang tepat.
2. Guru harus mengkaji seperangkat data secara utuh sebelum melakukan katagorisasi, lalu dilanjutkan dengan mencari hubungan-hubungan.
3. Tugas mental guru adalah memonitor bagaimana siswa memproses informasi dan kemudian mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan .
4. Tugas penting guru adalah merasakan kesiapan siswa untuk menjalani pennglaman-pengalaman dan aktivitas-aktivitas kognitif yang baru, dengan cara mengasimilasi dan menggunakan pengalaman-pengalaman ini.

D. SISTEM PENDUKUNG
Data mentah untuk dianalisis, lembar tugas,bahan bahan bacaan, chart. Media dapat berupa media audio maupun visual sesuai dengan materi yang hendak diberikan pada siswa. Fasilitas yang tersedia di sekolah sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses pembelajaran secara induktif.



E. DAMPAK INSTRUKSIONAL DAN PENGIRING
Model pembelajaran dan pengajaran induktif dirancang untuk melatih siswa membuat konsep dan sekaligus untuk me gajarkan konse-konsep dan cara penerapannya (generalisasi) padda mereka. Model ini mengajar minat siswa logika, minat pada bahasa, dan arti kata-kata, dan minat pada sifat pengetahuan. Dampak instruksional meliputi: 1) informasi, konsep, keterampilan, pembentukan hipotesis, 2) proses-proses pembentukan konsep, 3) konsep dan system konseptual, dan penerapannya.
Sedangkan dampak pengiring dari model induktif adalah: spirit penelitian, kesadaran atas sifat pengetahuan, berpikir logis, serta terbentuknya nilai-nilai pendidikan karakter pada diri abak didik.
















III. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD Negeri Batursari 5
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi : Menulis
Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk teks fungsional dialog pendek sangat sederhana
Waktu : 2 X 35 menit
Hari Tanggal :
A. Kompetensi Dasar
Menyusun teks fungsional (dialog, kalimat langsung, kalimat tak langsung) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca.
B. Tujuan Pembelajaran
 Melalui penugasan, siswa dapat mengelompokkan kalimat lanngsung dan tak langsung dari teks bacaan yang tersedia dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
 Siswa dapat menyusun kalimat langsung dan tak langsung dengan memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat.
 Siswa dapat membuat contoh-contoh kalimat langsung dan tak langsung dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca
 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
 Teks Bacaan
ALDO ANAK TELADAN

Siang itu Aldo disuruh ibu membeli gula pasir. Ibu berkata, “Aldo, tolong belikan gula pasir!”
“Baiklah, Ibu!” jawab Aldo.
“Satu kilo gram saja, ya!” kata ibu lagi.
“Ya, mana uangnya?” kata Aldo lagi.
Ibu memberikan uangnya. Aldo segera menuju ke warung di ujung kampong itu. Ketika di perjalanan Aldo bertemu Ganar teman sekelasnya. Aldo mengatakan bahwa ia disuruh ibunya membeli gula pasir. Ganar bertanya, “Setelah membeli gula pasir, kamu akan ke mana Al?”
Aldo menjawab dengan lantang, “Membantu ibu di rumah.”
Ganar memandang Aldo yang cepat-cepat mengayuh sepedanya ………………………………………………………………………………………….

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
 Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang kalimat-kalimat yang sering diucapkan anak ketika ketemu temannya di pagi hari.
- Mengajukan pertanyaan tentang kalimat dialog yang dikatakan oleh siswa ketika bertemu gurunya.
- Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran.
 Kegiatan Inti :
1. Mengidentifikasi dan menghitung data yang relevan
 Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan.
 Siswa membaca materi yang disediakan guru.
 Siswa bertanya-jawab karakter seorang anak yang bertanggung jawab dan dapat dijadikan sebagai teladan.
2. Mengelompokkan objek-objek menjadi kategori yang anggotanya bersifat umum
 Siswa mengelompokkan yang termasuk kalimat langsung dan tak langsung
 Siswa menuliskan kalimat langsung di papan tulis.
 Siswa membuat contoh kalimat langsung yang merupakan perilaku dapat dipercaya, dan mandiri.
 Siswa bertanya-jawab mencari kalimat langsung di papan tulis yang benar.

3. Menafsirkan data dan mengembangkan label untuk kategori-kategori
 Siswa menganalisis ciri-ciri kalimat langsung.
 Siswa menganalisis cirri-ciri kalimat tak langsung.
 Siswa menulis pengertian kalimat langsung, dan menyebutkan tanda baca yang tepat.
4. Membangun Hipotesis dan meningkatkan keterampilan.
 Siswa menyusun kalimat langsung dengan kata-katanya sendiri sesuai dengan tanda baca dan ejaan yang benar.
 Siswa menyusun kalimat langsung dengan kata-kata yang berhubungan dengan tanggung jawab, mandiri, dan dapat dipercaya.
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan kalimat langsung.
 Guru bersama siswa menyimpulkan cirri-ciri kalimat langsung dan tak langsung dengan ejaan dan tanda baca yang benar.

 Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Tanya jawab,diskusi,penugasan
 Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
 Siswa diberi tugas untuk Menyusun kalimat langsung dalam bentuk dialog.

E. Metode/Sumber Belajar:
 Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, latihan /Multi metode
 Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP, Aku Cinta Bahasa Indonesia.
 Media : chart, teks bacaan




F. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
• Siswa mengelompokkan kalimat langsung dan taklangsung
• Siswa menyebutkan cirri-ciri kalimat langsung dan tak langsung
• Siswa menyusun contoh kalimat langsung dan tak langsung
• Lisan
• Tertulis
• Penugasan Lembar penilaian • Bacalah teks bacaan, kemudian kelompokkan yang termasuk kalimat langsung dan kalimat tak langsung!
• Buatlah kalimat lasngung \
• Buatlah kalimat tak langsung.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN
 PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah 4
3
2
1
 PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor
1.


2.


3. Pengetahuan


Praktek


Sikap * Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap 4
2
1
4
2
1
4
2
1



 LEMBAR PENILAIAN
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah
Skor Nilai
Pengetahuan Praktek Sikap




Mengetahui Batursari, …………
Kepala SD N Batursari 5 Guru Kelas 6


MARIA ANNA SUWARNI, S.Pd WAHYUNINGSIH RAHAYU, S. Pd
NIP 195905211982012005 NIP 197102071995032003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar