Senin, 05 Juli 2010

MODEL SURVEY Q 3 5 DALAM PEMBELAJARAN ASPEK MEMBACA

MAMPUKAH METODE BELAJAR SURVEY Q3R MENINGKATKAN MINAT BACA
 PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Oleh: Wahyuningsih Rahayu, S. Pd

        Benarkah motivasi peserta didik dalam membaca sekarang ini rendah? Era sekarang ini anak lebih suka melihat televisi dengan acaranya yang senantiasa menarik dari pada membaca. Hal ini menjadi tantangan yang tidak ringan bagi pendidik. Seorang pendidik harus dapat menciptakan suasana belajar yang menggairahkan dan merangsang belajar siswa. Pendidik dan orang tua hendaknya mengkondisikan anak untuk mau membaca baik di sekolah maupun di rumah.
         Membaca adalah kunci untuk mendapatkan Ilmu Pengetahuan. Seseorang akan ketinggalan jauh terhadap informasi yang aktual apabila tidak mau membaca. Apalagi siswa, tidak termotivasi membaca maka dia tidak akan dapat belajar dengan baik. The Liang Gie (1998:61) mendefinisikan: “Membaca adalah serangkaian kegiatan pikiran seseorang yang dilakukan secara penuh perhatian untuk memahami makna sesuatu keterangan yang disajikan kepada indera penglihatan dalam bentuk lambang dan huruf”. Membaca merupakan upaya seseorang untuk mempelajari dan memahami terdapat suatu isi buku. Maka dari itu hendaknya siswa sejak Sekolah Dasar dibiasakan untuk dapat melakukan membaca yang efektif dan efisien. Adapun ciri-ciri seseorang yang membaca efisien menurut The Liang Gie (1998: 59) adalah sebagai berikut: (1) memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam membaca, (2) dapat membaca secara cepat, (3) dapat menangkap dan memahami isi bahan bacaannya, dan (4) seusai membaca dapat mengingat butir-butir gagasan utama dari bahan bacaanya.
        Kegiatan belajar siswa akan efektif apabila ditunjang dengan media dan metode belajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan siswa dalam belajar adalah metode membaca dengan Survey Q3R. Metode ini dapat dimanfaatkan siswa untuk membaca buku sejak Sekolah Dasar hingga Perguruan tinggi. Cara membaca buku dalam kegiatan belajar perlu mendapatkan perhatian, karena hal ini erat kaitannya dengan pemahaman materi buku yang dipelajari siswa. Oleh karenanya seorang guru perlu menanamkan cara membaca buku yang baik dan efisien sehingga siswa dapat menghemat waktu belajarnya. Penananan sikap dan cara amembaca buku yang efektif dapat dilakukan sejak anak duduk di Sekolah Dasar, hal ini karena pengetahuan di Sekolah Dasar merupakan pondasi untuk pendidikan berikutnya.
        Metode belajar adalah cara yang digunakan agar dapat belajar dengan baik. Metode belajar Survey Q3R menurut The Liang Gie (1998: 68) adalah metode membaca yang disarankan pertama kali oleh Prof. Francis P. Robinson dari Ohio State University di Amerika Serikat. Metode Survey Q3R mempunyai arti Survey berarti menyelediki, Question mempunyai arti pertanyaan, Read adalah membaca, Recite memiliki arti meringkas dan Review adalah mengulangi. Metode belajar survey Q3R merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan guru atau orang tua siswa untuk dapat meningkatkan minat baca anak terhadap bahan-bahan ajar maupun pengetahuan lainnya.
        Dalam belajar yang menggunakan metode ini meliputi lima langkah yang harus ditempuh oleh siswa, yaitu: 1) Langkah pertama metode ini adalah dengan survey atau menyelidiki bab, pembagian paragraf, judul yang tercantum dalam daftar isi, juga judul gambar maupun grafik dan tabel. Pendekatan ini akan membantu siswa menata gagasan-gagasan ketika akan membaca selanjutnya, 2) Langkah kedua kegiatan ini adalah Question, yang berarti menanyakan. Dalam hal ini siswa hendaknya mengubah judul yang pertama itu menjadi pertanyaan yang akan mengundang rasa ingin tahu dan dapat meningkatkan pemahaman. Dari pertanyaan yang telah disusun siswa mencari jawabannya dalam bacaan, 3) Langkah ketiga adalah Read yang mengandung arti membaca. Dalam membaca ini bertujuan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang telah disusun, sehingga siswa tidak pasif tetapi aktif untuk memahami isi bacaan. Dalam membaca buku ini kegiatan siswa benar-benar untuk mendapatkan pengetahuan yang belum diketahuinya, sehingga berbagai pertanyaan yang timbul sebelumnya dapat terjawab, 4) Langkah keempat adalah Recite yang berarti mendaras. Kegiatan dalam tahap ini adalah membuat ringkasan yang merupakan inti dari bacaan. Pada waktu mendaras ini dapat diulangi beberapa kali sampai dapat memahami betul isi bacaan hingga dapat menemukan jawaban terhadap pertanyaan dari ringkasan yang telah disusun, dan 5) Langkah kelima adalah tahap Review yang berarti mengulangi. Bila pelajaran telah selesai dibaca maka catatan-catatan kecil atau ringkasan dapat dilihat kembali untuk memperoleh pandangan yang menyeluruh terhadap butir-butir dan hubungannya. Selain itu pengujian ingatan kita dari bacaan dapat dilakukan dengan menutupi catatan dan mengingat kembali butir-butir utama itu. Dari butir utama itu dapat untuk mengingat isi dari beberapa sub butir yang berkaitan.
        Metode Survey Q3R di atas dapat dimanfaatkan oleh guru Sekolah dalam memberikan pelajaran membaca bagi anak (untuk siswa yang telah dapat membaca dengan lancar). Sebab dalam pelajaran dengan menggunakan metode membaca Survey Q3R siswa harus dapat melakukan membaca dalam hati, memahami isi bacaan dan mampu menguasahi isi bacaan. Penanaman cara membaca buku ini dapat dilakukan guru dengan cara membiasakan anak didik membaca di perpustakaan atau membaca buku apa saja yang anak kehendaki anak, dengan tujuan agar anak termotivasi membaca. Selain itu guru juga dapat menerapkan metode membaca ini dalam kegiatan pembelajaran, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran bahannya berupa bacaan seperti pelajaran IPS, PKn, atau mata pelajaran lainnya.
           Metode belajar ini dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar di rumah. Sebab metode belajar ini apabila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh siswa, ilmu pengetahuan yang didapat akan tahan lama dan tidak hanya sekedar membaca dan tentu minat baca anak terhadap buku dapat meningkat. Selamat mencoba, semoga sukses menyertai kalian!!!
PENULIS:
Nama : Wahyuningsih Rahayu, S. Pd
Tempat/ Tgl lahir : Boyolali, 7 Februari 1971
Pekerjaan : Guru Sekolah Dasar Negeri Batursari 5 Kecamatan Mranggen- Demak.
Telepon : 024 6710461 / 081325442803
Alamat : Jl. Pucang Asri II/12 Pucangngading 59567

Tidak ada komentar:

Posting Komentar